Sejarah Klub Arsenal

Arsenal Football Club yang biasa disebut juga Arsenal memiliki julukan The Gunners atau Meriam London. Untuk artikel kali ini saya akan mencoba membagi wawasan mengenai sejarah klub arsenal. yang merupakan salah satu tim tersukses dengan segudang pretasi dan tropy di persepakbolaan inggris.

Awal Mula Terbentuknya Arsenal

Sejarah berdirinya arsenal bermula dari inisiatif 2 orang penggila bola ( David Danskin & Jack Humble ). yang bekerja di sebuah pabrik perlengkapan militer woolwich arsenal armament factory yang berkeinginan membentuk sebuah tim. sepakbola di wilayah tersebut Dengan dibantu oleh 2 mantan pemain Nottingham Forest ( Fred Beardsley & Morris bates ). maka terbentuklah sebuah tim yang pada saat itu bernama Dial Square. yang diambil dari nama penunjuk bayangan matahari yang terletak diatas pintu gerbang komplek pabrik. Pada 11 desember 1886 yang dengan beranggotakan para pekerja pabrik Dial Square. melakukan debut pertamanya bertanding melawan klub Eastern Wanderes di sebuah lapangan yang disebut Isle Of Dog. dan berhasil meraih kemenangannya dengan skor cukup telak 6 – 0.

Tepatnya pada malam natal pada tahun 1886 seluruh anggota mengadakan pertemuan. untuk membahas nama klub, kostum klub dan home ground tim yang pada akhirnya. dengan keputusan bersama maka dipakailah nama Royal Arsenal. sebagai nama klub selain itu lapangan Plumstead common juga telah ditentukan menjadi basis home ground. Karena masih memiliki hubungan yang sangat baik dengan klub lamanya Nottingham Forest. Fred Beardsley mencoba menulis surat untuk meminta bantuan kostum kepada klub lamanya tersebut. Bak gayung bersambut Nottingham Forest pon merespon surat tersebut. dan segera mengirimkan 1 set kostum berwarna merah dan juga sebuah bola.

Seiring berubahnya status klub menjadi professional maka pada tahun 1891 Royal Arsenal berganti nama menjadi Arsenal. Pada tahun 1913 untuk pertama kalinya Arsenal mulai mengikuti liga. dan berpindah home ground ke Stadion Highbury. Pada era 30an merupakan era kesuksesan bagi Arsenal yang berhasil meraih 4 gelar liga. ( 1930 – 1935 ) yang menjadikannya sebagai kekuatan paling dominan di inggris pada saat itu.

Arsenal kembali mengulang kesuksesannya tersebut dengan berhasil meraih 2 gelar liga pada tahun. 1947/1948 dan 1952/1953 dan 1 piala FA pada tahun 1950. Memasuki era 70an untuk pertama kaliya Arsenal berhasil meraih gelar double dalam 1 musim kompetisi. yaitu juara liga dan piala FA pada tahun 1970/1971. yang pada tahun 1986/1987 dibawah asuhan pelatih George Graham Arsenal kembali berhasil meraih gelar double.

Arsenal berhasil mencapai prestasi terbaiknya di kancah eropa ketika berhasil menjadi juara di ajang Fairs Cup. ( yang sekarang bernama UEFA Europa League ) pada tahun 1971/1972 setelah berhasil mengalahkan R.S.C Anderlech. wakil dari Belgia dengan skor keseluruhan 4 – 3 yang pada saat ini dilatih oleh Bertie Mee.

Arsenal kembali berhasil menambah koleksi pialanya dengan beberapa gelar domestik yang berhasil dimenangkannya pada era 80an. seperti Piala Liga ( 1987 ), Liga Inggris ( 1989 ). Pada tahun 1991 Arsenal berhasil menjadi juara. Bersama dengan musuh bebuyutannya Tottenham di Community Shield. setelah kedua tim berhasil bermain imbang yang pada saat itu belum diberlakukannya sistem perpanjangan waktu. maupun adu pinalti pada tahun 1993/1994 Arsenal kembali berhasil meraih juara di kancah eropa. Piala Winners setelah berhasil mengalahkan Parma dengan skor 1 – 0.

Era Arsene Wenger menahkodai Arsenal

Pada September 1996 merupakan awal dimana Arsene Wenger ditunjuk sebagai manager untuk menangani Arsenal. yang berhasil membawa Arsenal meraih gelar double winner pada musim keduanya setelah berhasil menjuarai Liga Inggris dan Piala FA. Pada tahun berikutnya Arsene Wenger berhasil membawa Arsenal tampil di Final Piala UEFA 2000. sebelum dikalahkan oleh Galatasaray melalui drama adu pinalti ( 4 – 1 ) dan pada tahun 2001 Arsenal. juga berhasil mencapai final Piala FA yang lagi” dikalahkan oleh Liverpool ( 2 – 1 ).

Puncak era tangan emas besutan Arsene Wenger dimulai pada tahun berikutnya dimana berhasil meraih gelar double winner. untuk ke 2 kalinya ( Liga Inggris & Piala FA ). yang berhasil mempertahankan gelar Piala FA pada musim 2003.

Sejarah tercipta pada musim 2003/2004 dimana Arsenal berhasil meraih gelar Liga Inggris. dengan torehan rekor tanpa menderita kekalahan dalam 1 musim penuh. sehingga mendapat julukan The Invincible Arsenal ( 49 pertandingan ). yang sampai saat ini belum ada 1 pon tim dari inggris yang bisa melewati rekor tersebut. yang dilengkapi dengan menambah koleksi gelar Piala FA pada tahun 04/05. Pada tahun 05/06 untuk pertama kalinya arsenal mampu mencapai Final Liga Champions. meskipon harus puas menjadi runner-up setelah dikalahkan Barcelona ( 2 – 1 ).

Gelar piala FA pada musim 04/05 merupakan gelar terakhir yang berhasil diraih oleh Arsenal. Setelah 9 tahun mengalami paceklik gelar akhirnya Arsenal berhasil meraih kembali Trophy Piala FA. pada musim 2014 setelah mengalahkan Hull City ( 3 – 2 ) dan kembali berhasil. mempertahankannya pada musim berikutnya dengan mengalahkan Aston Villa ( 4 – 0 ).

Julukan “ Le Professeur “ yang diberikan oleh penggemar dan media inggris untuk mencerminkan. sikap Arsene Wenger yang selalu menerapkan filosopi mentalitas menyerang. dengan dengan tujuan bahwa sepakbola semestinya harus menghibur. meskipon sang pelatih sering dikritik namun sang professor tetap berpegang erat. pada prinsip”nya yang lebih suka mengembangkan bakat pemain muda. daripada harus menghabiskan uang yang banyak untuk membeli pemain mahal dan pengalaman.

Pada tanggal 20 April 2016 setelah menjadi manager Arsenal selama 22 tahun Arsene Wenger. memutuskan untuk meninggalkan Arsenal pada akhir musim kompetisi 2017/2018. sebelum pada tanggal 23 Mei 2018 pihak Arsenal. menunjuk Unai Emery sebagai manager baru yang baru.

Statistik Arsene Wenger Selama Menjadi Pelatih

·        Juara Liga Premier Inggris ( 97/98, 01/02, 03/04 )

–         823 laga ( 473 menang, 199 seri, 151 kalah )

·        Juara Piala FA ( 97/98, 01/02, 02/03,04/05, 13/14, 16/17

–         87 laga ( 63 menang, 11 seri, 13 kalah )

·        Piala Liga Inggris

–         59 laga ( 37 menang, 3 seri, 19 kalah )

·        Liga Champions

–         188 laga ( 88 menang, 44 seri, 56 kalah )

·        UEFA Europa League

–         12 laga ( 8 menang, 2 seri, 2 kalah )

during the Premier League match between Arsenal FC and Liverpool FC at Emirates Stadium on November 3, 2018 in London, United Kingdom.
Stadion Emirates

Stadion Emirates merupakan stadion sepakbola yang berada di Ashburton Grove, Holloway – London Utara. sejak juli 2006 stadion ini merupakan stadion sepakbola terbesar ke 2 di kompetisi. Liga Premier Inggris setelah Old Trafford dan merupukan stadion. terbesar ke 4 di daratan Inggris setelah Stadion Wembley ( London ), Old Trafford ( Manchester United ). dan Stadion Millenium ( Cardiff ).

Stadion yang memiliki kapasitas 60.355 tempat duduk ini yang menggantikan stadion lama Arsenal. Highbury yang telah dipakai selama 93 tahun ( 1913 – 2006 ). Biaya pembuatan Stadion Emirates membutuhkann dana kurang lebih sekitar 430juta poundsterling. Nama Emirates sendiri digunakan setelah tim Arsenal mencapai kesepakatan dengan perusahaan. penerbangan Emirates yang akan mensponsori Arsenal selama 15 tahun kedepan.

David Danskin Sebagai Pelopor Berdirinya Arsenal F.C

Seorang pemain bola amatir yang bekerja di pabrik senjata Royal Arsenal yang berbasis di Woolwich. yang kemudian dipindah tempatkan di workshop Dial Square. Demi dapat menyalurkan bakat dalam bermain bolanya, Danskin Bersama beberapa temannya mencoba untuk membentuk sebuah organisasi beranggotakan 15 orang. para pekerja yang memiliki hobby yang sama terhadap sepakbola. untuk menggalang dana yang setiap orangnya diharuskan menyumbang 6 penny. yang bertujuan untuk mendirikan sebuah tim yang mereka namain DIAL SQUARE.

Di pertandingan pertamanya Dial Square secara mengejutkan berhasil mengalahkan Easten Wanderers ( 6 – 0 ). meskipon dengan kondisi lapangan yang sangat tidak layak untuk dipergunakan tuk bermain bola. Setelah dengan pembahasan dari setiap anggotanya maka telah diputuskan Plumstead Common. akan menjadi tempat bertanding di partai” selanjutnya yang secara bersamaan mengganti nama tim menjadi Royal Arsenal.

Dengan bantuan Beardsley dan Bates yang merupakan mantan pemain Nottingham Forest. mencoba meminta bantuan kostum dari bekas tim nya tersebut. Demi menambah kekuatan tim Denskin tak henti”nya. mencoba untuk membujuk para pekerja lainnya yang mempunyai bakat sepakbola untuk ikut bergabung ke dalam tim.

Awal kiprah Royal Arsenal bermula bermula pada tahun 1889-1990 yang berhasil.  menjuarai Kent Senior Cup yang menjadikan kompetisi terakhir yang dijalani oleh Danskin. karena mengalami cedera yang cukup serius saat menghadapi Clapton pada bulan januari 1889.

Sejak berhasil menjadi klub professional dan bergabung di divisi 2 pada tahun 1910. malah membuat prestasi Arsenal semakin anjlok karena dibayang-bayangi oleh krisis keuangan. yang mana pemasukan tidaklah sebanding dengan pengeluaran klub yang pada akhirnya. Hendry Norris yang merupakan pengusaha terkemuka pada tahun 1910. membeli saham mayoritas klub dan mendirikan Stadion Highbury. sebagai markas klub yang selesai pada tahun 1913. sebelum kiprah Arsenal harus terhenti akibat Perang Dunia I yang sedang melanda.

Setelah melewati lobby  impresif dengan para petinggi tim” lain. dan pihak football league akhirnya Arsenal bisa kembali berkompetisi di Divisi 1. meskipon harus mengorbankan Tottenham Hotspur ( alasan Tottenham dan Arsenal sampai saat nich saling berseteru ). meskipon terkesan licik namun langkah tersebut menjadi awal Kejayaan Arsenal yang sejak tuh merupakan. tim yang tidak pernah lagi terdegradasi sampai saat ini.

Demikianlah artikel mengenai sejarah berdirinya Arsenal F.C ini dapat saya bagikan. semoga bermanfaat untuk menambah wawasan bagi kalian mengenal lebih jauh dari team The GunnerS.


Diterbitkan oleh AgnesLouisBlog

Blog pribadi yang menyediakan pembahasan mengenai aturan dan cara bermain segala jenis online gaming secara jelas,lengkap dan terpercaya kepada anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: